Sabtu, 29 Desember 2012

GURU DI MATA GURU

Pada saat kapankah guru mendapat kesenangan ? Pada saat akhir tahun pelajarankah ? Pada saat menerima honorkah ? atau apa ? Barangkali kalau saya ditanya, saya akan menjawab: saya akan senang,puas dan bangga jika siswa saya sukses dalam  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sementara inti dari KBM itu sendiri adalah terjadinya perubahan positif pada pengetahuannya, kepribadiannya, pertemanannya dan terakhir yang paling penting adalah akidah dan akhlaknya.

Dari sisi lain, kesenangan saya bertambah sangat dengan diakuinya pekerjaan guru sebagai sebuah profesi oleh Pemerintah yang patut diperhitungkan. Konsekuensi dari itu, sudah selayaknya profesi guru bukanlah profesi buangan dalam arti daripada tidak ada pekerjaan, lebih baik jadi guru saja. Kenyataan ini menjadi sebuah fenomena sebagaimana yang dikatakan oleh Nana Sudjana secara makna bahwa pekerjaan yang bersifat profesional adalah pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh mereka yang khusus dipersiapkan untuk itu dan bukan pekerjaan yang dilakukan oleh mereka yang karena tidak dapat memperoleh pekerjaan lain.

Buat rekan-rekanku yang pada tahun ajaran ini berpindah tugas di tempat lain, saya ucapkan selamat semoga antum dapat mengajar dengan baik dalam suasana dan lingkungan sekolah yang baru. Dimanapun kita bertugas, tetaplah harus menjunjung tinggi rasa profesionalitas kita sebagai guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar