Senin, 23 Desember 2013

KISI-KISI US/M SD TAHUN 2014 BAHASA INDONESIA II

Kisi-kisi Ujian Sekolah/Madrasah Tahun 2014
Bahasa Indonesia
Kompetensi : Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrasa, dan pantun.

Indikator :
1. Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan                  sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
2. Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga        menjadi paragraf yang padu.
3. Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menghubungkan dengan kata hubung yang        tepat.
4. Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat.
5. Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi        dengan kalimat efektif yang tepat.
6. Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
7. Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan        pilihan kata yang tepat.
8. Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat                              melengkapi dengan kalimat yang tepat.
9. Disajikan formulir dan ilustrasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan                      ilustrasi yang disajikan.
10.Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat :
      a. melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat.
      b. memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
11.Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat                memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
12.Disajikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
13.Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
14.Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
15.Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
16. Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.

1 komentar: