Sabtu, 26 Oktober 2013

Contoh RPP kelas IV Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

      Satuan Pendidikan :  SDIT Salsabila
      Kelas / Semester    :   IV/I
      Tema / Sub Tema   :   Indahnya Kebersamaan/I
                         Pembelajaran Ke      :   I
                         Alokasi Waktu          :   6 x 35 menit


A.   KOMPETENSI INTI

1.     Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah ,sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.   KOMPETENSI DASAR
-       PPKn
1.1.Menghargai kebhineka-tunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
1.2. Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
4.4. Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisonal, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial ekonomi (jenis pekerjaan orangtua) di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.

-       IPS
3.5.Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5. Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.


-       SBdP
3.3. Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5. Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.

-       Bahasa Indonesia
3.1. Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa lisan dan tulis dengan memilih dan memilah bahasa baku.
4.1. Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa lisan dan tulis dengan memilih dan memilah bahasa baku.

C.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

-       PPKn
a. Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
b. Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk tulisan.
c. Menjelaskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
-       IPS
a. Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
-       SBdP
a. Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
-       Bahasa Indonesia
a. Mengolah informasi dan teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
        
             
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN

a.  Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
b.  Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
c.  Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
d.  Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
e.  Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

E.   MATERI PEMBELAJARAN

-       Mengenal keberagaman budaya Indonesia
a. Rumah adat
b. Tarian daerah
c. Makanan khas
d. Pakaian tradisional
e. Musik tradisional

-       Memahami keberadaan budaya
Keberagaman pada teman-teman satu kelas.

-       Berekspresi dengan lagu
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” karya AT.Mahmud


F.    MODEL, PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN

Model              : Pembelajaran Kooperatif picture and picture
Pendekatan     :  Scientific
Metode            : Diskusi, unjuk kerja, tanya jawab,penugasan

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Aktivitas KBM dengan pendekatan saintifik
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu






Pendahuluan
a. Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa (religius)
b. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
c. Meminta informasi mengenai kegiatan piket kelas dan memberi penguatan tentang pentingnya kebersihan kelas dengan kenyamanan.
d. Mengajak siswa mengamati video tentang keberagaman budaya Indonesia.
e. Menginformasikan tema yang akan diajarkan yaitu tentang “Indahnya Kebersamaan”
f.  Siswa dengan cermat menyimak tujuan pembelajaran yang dibaca oleh guru.






15 menit




















Inti
a.    Siswa mengamati peta budaya, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
b.    Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa setiap kelompoknya dan mengatur meja dan kursi agar mendukung diskusi.
c.    Masing-masing kelompok berdiskusi tentang  pertanyaan yang ada pada buku siswa.
d.    Guru mengamati jalannya diskusi dan berkeliling untuk mengetahui apakah kelompok memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
e.    Siswa menyajikan hasil diskusi secara berkelompok.
f.     Guru memberi motifasi agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya.
g.    Siswa diminta membaca teks “Mengenal Suku Minang” .
h.   Setelah itu, siswa diminta menyajikan informasi teks dalam bentuk peta pikiran.
i.     Pada saat membuat peta pikiran, guru memberikan beberapa pertanyaan agar siswa dapat memahami dan menuliskannya sesuai dengan harapan.
Pertanyaan:
1.     Apa nama rumah adat suku Minang?
2. Apa bahasa yang digunakan oleh suku Minang?
3.  Apa makanan tradisional suku Minang?
j.     Siswa secara berpasangan mencoba mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
k.    Secara individu, siswa diminta menjawab pertanyaan pada buku siswa halaman 5.
l.      Setelah itu, siswa diminta mencari asal-usul daerah teman-temannya melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing.
m.  Siswa menuliskan hasil wawancara dengan mengisi tabel wawancara.
n.   Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam megerjakan tugas.
o.    Guru menilai kerjasama, keaktifan, dan kedisiplinan selama diskusi.
p.    Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa halaman 7.
q.    Siswa diminta mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman (halaman 7).
r.     Setelah melakukan kegiatan di atas, guru mengajak siswa bernyanyi “Aku Anak Indonesia”  dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
s.    Guru memberikan perhatian kepada siswa yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
t.     Siswa diminta mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
u.   Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
v.    Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
w.   Siswa diminta menulis 3 contoh perilaku yang menunjukkan bangga sebagai anak Indonesia.
x.    Siswa diminta menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa halaman 8.
y.    Hasil kegiatan dan diskusi siswa ditempel di papan, dilanjutkan dengan menasehati siswa tentang pentingnya menghargai perbedaan,





















180 menit






Penutup
a.    Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama satu hari.
b.    Guru melakukan penilaian hasil pembelajaran.
c.    Guru menutup pelajaran dengan berdoa.




15 menit






H.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

1.   Sumber Pembelajaran:
a. Diri anak
b. Lingkungan sekolah
c. Lingkungan keluarga
d. Buku Tematik Siswa Kelas IV
e. Buku Tematik Guru Kelas IV
         
2.   Media Pembelajaran
a. Peta budaya Indonesia
b. LCD/Infocus
c. Chart lagu “ Aku Anak Indonesia”

I.      PENILAIAN PEMBELAJARAN

  1. Prosedur Penilaian
a. Observasi (terlampir)
b. Wawancara (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian sikap (terlampir)
b.   Penilaian Hasil Belajar (terlampir)
c.    Penilaian keterampilan (terlampir)
d.   Daftar periksa peta pikiran (terlampir)




Bogor, 12 September 2013
Guru Kelas



Indra Lesmana
NIP .-

Mengetahui

Instruktur II                                                         Instruktur I




..................................                                           ....................................
NIA .-                                                                    NIA.-

4 komentar:

  1. pak, boleh lihat lampiran-lampiran penilaiannya..?

    BalasHapus
  2. Insya Allah saya akan tampilkan. Atau saya kirirm ke surel Ibu Lia saja? Salam kenal.

    BalasHapus
  3. terima kasih Bapak...http://semogadimudahkan.blogspot.com

    BalasHapus